April 18, 2024

Formula 1 Membutuhkan Kecepatan Tertinggi, Waktu Putaran, Spesifikasi Teknologi, dan lainnya

tipsotomotif.web.id – Formula 1( F1) serta Formula E( FE) merupakan 2 jenis pacuan berlainan yang mempunyai perbandingan mencolok pada mobil serta peraturannya.

Formula 1 merupakan seri pacuan yang lebih mapan serta terkenal, sebaliknya Formula E, walaupun sedang ialah berolahraga yang relatif terkini, terus menjadi terkenal.

Di dasar ini, PlanetF1. com menyamakan kedua mobil serta seri itu dalam sebagian metode berlainan.

Kekuatan

Perbandingan yang nyata merupakan mobil Formula 1 ditenagai oleh campuran mesin 1. 6 liter V6 turbocharged serta daya baterai, yang menciptakan lebih dari 1000bhp, sebaliknya mobil balap Formula E seluruhnya berenergi listrik, memakai baterai serta motor listrik buat menciptakan daya. lebih dari 350 kilowatt, ataupun sebanding dengan 470bhp.

Mobil Formula E bisa maju dari 0- 60 detik dalam durasi kurang dari 2, 8 detik sebaliknya mobil F1 berakselerasi dari 0- 60mph dalam durasi dekat 2, 6 detik, menjadikannya mobil yang lebih kilat dari keduanya.

Kecekatan serta berat tertinggi

Mobil F1 lebih kilat dari mobil FE, dengan kecekatan paling tinggi dekat 230 mph( 370 kilometer atau jam) sebaliknya mobil FE‘ Gen3’ angkatan ketiga mempunyai kecekatan paling tinggi dekat 200 mph( 320 kilometer atau jam).

Berat minimal mobil Formula 1 serta pengemudinya dalam situasi parc fermé pada tahun 2023 merupakan 798kg, sebaliknya mobil Formula E Gen3 mempunyai berat dekat 760kg sendiri tanpa juru mudi di dalamnya.

Trek

Jalan yang dipakai buat tiap seri amat berlainan. Pacuan F1 berjalan di sirkuit jalur raya serta jalan balap spesial, sebaliknya pacuan FE diadakan di sirkuit jalur raya di wilayah perkotaan.

Jalan F1 umumnya lebih jauh dari yang sebanding dengan Formula E. Jalan F1 umumnya permanen dengan bermacam belengkokan yang didesain buat menantang pembalap. Selaku analogi, jalan Formula E jauh lebih pendek serta didesain supaya lebih akur.

Salah satunya jalan yang dibagikan oleh 2 seri itu merupakan Monaco, dengan Formula E sudah berpindah ke pacuan dengan aturan posisi penuh Monaco sehabis awal mulanya pacuan di tipe pendek dari sirkuit populer itu.

Analogi durasi putaran

Dengan Monaco jadi salah satunya sirkuit di mana mobil Formula 1 serta Formula E berkompetisi, seperti itu salah satunya metode buat mengenali analogi durasi yang pas antara kedua mobil itu– dengan mesin F1 membuktikan dirinya jauh lebih kilat.

Rekor pole lap langsung mengitari Monaco dengan mobil F1 tiba pada 2019 dengan Lewis Hamilton menulis durasi 1: 10, 166, sedangkan lap kualifikasi tercepat di Formula E pada 2023 merupakan Sascha Fenestraz dengan 1: 28, 773, sebagian detik lebih lelet dari yang digapai mobil Formula 2. dekat sirkuit yang serupa.

Durasi pacuan F1 vs Formula E

Sebab jalan serta mesin di dalam kedua mobil, durasi pacuan Formula 1 serta Formula E berlainan. Pacuan F1 mengarah lebih lama dari pacuan FE, ialah 300km plus satu lap.

Pacuan Formula E jauh lebih pendek sebab era gunakan baterai mobil yang terbatas, serta pacuan berjalan dekat 45 menit sampai satu jam. Buat meneruskan analogi Monaco, F1 pacuan sepanjang 78 lap di dekat Monaco, sebaliknya FE berjalan sepanjang 29 lap di sirkuit yang serupa.

Baca juga : Mika Häkkinen Mulai Mengonsep Superbike Listrik

Pacuan Formula E tidak membutuhkan pit stop serta bisa berjalan dengan ban seluruh cuaca yang serupa buat semua pacuan, sebaliknya mobil Formula 1 menginginkan paling tidak satu pit stop buat ban serta mungkin koreksi.

Lingkungan

Mobil Formula 1 menciptakan lebih banyak keributan dari mobil Formula E dan emisi beresiko. Mobil Formula E diketahui lebih ramah area tanpa emisi serupa sekali, dengan Formula 1 diresmikan buat berpindah ke materi bakar adil karbonium mulai tahun 2026, selaku bagian dari tujuan buat jadi seri adil karbonium pada tahun 2030.

Mobil F1 populer dengan mesinnya yang khas serta keras sebaliknya mobil FE mempunyai suara motor listrik yang jauh lebih antap.

Biaya

Mobil Formula 1 jauh lebih mahal buat terbuat sebab teknologi kompleks yang dipunyai mobil serta tipe kaum cadang yang diperlukan.

Mobil Formula E memakai teknologi listrik yang lebih ekonomis buat dibentuk serta dirawat. Perihal ini membolehkan adaptasi serta pengembangan mobil yang lebih besar.

PlanetF1 merekomendasikan

F1 v IndyCar v NASCAR: Gimana analogi pit- stop di tiap- tiap dari 3 seri pacuan?

F1 v IndyCar: Kecekatan paling tinggi, mesin, bentuk, penanggalan, serta aksi keamanan seluruhnya dibandingkan

Driver

Pembalap Formula 1 tercantum di antara sebagian atlet dengan biaya paling tinggi di bumi. Juru mudi merupakan handal yang amat profesional dengan penataran pembibitan bertahun- tahun serta dibayar dengan pendapatan besar.

Selaku analogi, mobil Formula E kerap dikendarai oleh pembalap yang lebih belia dengan angan- angan mereka sendiri buat menggapai Formula 1– dengan Nyck de Vries memenangkan titel Formula E serta kesimpulannya berlabuh di Formula 1 bersama AlphaTauri.

Kebalikannya, beberapa mantan pembalap F1 sudah masuk ke grid di Formula E sebab standar grid senantiasa amat besar.

Mantan pembalap F1 Nelson Piquet Jr, Sébastien Buemi, Lucas di Grassi, Jean- Eric Vergne( 2 kali) serta Stoffel Vandoorne seluruhnya jadi pemenang Formula E semenjak meninggalkan Formula 1.

Keamanan

Bagus mobil Formula 1 ataupun Formula E wajib penuhi standar keamanan yang kencang. FIA meresmikan ketentuan serta regulasi F1 buat memasukkan langkah- langkah semacam busana kuat api buat juru mudi serta aparat jalan, pemasangan penghalang penyerap hantaman di dekat jalan serta pemakaian regu serta perlengkapan kedokteran di posisi bila terjalin musibah.

FIA pula menata balap motor FE, serta dikala ini bertugas serupa dengan FE buat meningkatkan peraturan yang hendak menghasilkan situasi balap terbaik, sembari membenarkan alun- alun game yang sebanding buat seluruh regu serta pabrikan.